Retorika Pendidikan.co.id – Pembelajaran Daring/Luring, dalam jaringan di SMPN 54 Makassar, dengan mata pelajaran Bahasa Inggris untuk kelas V11 C dan V11 B. Dra Habiba, M.Pd selaku kepala sekolah SMP Negeri 54 Makassar ketika ditemui awak media di ruang kerjanya beberapa waktu lalu mengatakan tugas guru saat ini adalah membantu pemerintah agar para siswa tetap sehat di tengah wabah Covid-19 sosial distancing membuat mereka tidak bisa belajar bersama.
Guru harus mendesain tugas agar siswa bisa merasa sedang rekreasi dirumah sendiri. Misalnya, ganti tugas meringkas dengan membuat peta pikiran hasil bacaan, Membuat peta pikiran akan membelajarkan siswa memaknai bacaan tanpa dipaksa, Imajinasi dan kreativitas siswa akan berkembang dan bisa membuat mereka bahagia.
Lanjut Dra Habiba, M.Pd mengatakan, “tugas yang membahagiakan juga bisa dimulai dengan memberikan opsi atau pilihan kegiatan sehingga siswa bisa memili jenis kegiatan yang mereka palin sukai untuk dikerjakan. Pilihan kegiatan bisa guru memberikan pilihan sangat terbuka diserahkan kepada siswa, jika ini dilakukan mungkin akan melatih anak untuk berpikir kreatif dalam menentukan dan mendesain sendiri apa yang ingin mereka lakukan terkait tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
Selain itu belajar melalui daring yang memiliki akses komputer bagi siswa, dan Luring yang tidak punya pasilitas komputer artinya diluar jaringan. Guru harus mendatangi keruma siswa untuk mengajar, ini pelajaran penilaian akhir tahun. Pelajaran jarak jauh,
Menurut, Kepsek Dra Habiba,Mpd walaupun tanpa bertatap muka guru harus memberikan apresiasi pada tugas yang sudah dikerjakan siswa, salah satu caranya adalah memajangnya di akun medsos, guru ini adalah cara sederhana penuh bermakna,” jelasnya,” (Mahyuddin)